Tanjungpinang, Kepulauan Riau
Mon - Sun: 6:00 - 23:00

Pentingnya Mengatur Keuangan, Berikut Tips Menabung Gaji

Pentingnya Mengatur Keuangan, Berikut Tips Menabung Gaji

Pandawa FM, ( Tanjungpinang ) - Hemat pangkal kaya, rajin menabung akan tenang di masa akan datang. Sayangnya tidak semua orang dapat menabung dengan baik dan rutin. Seringkali pada saat menerima gaji lebih, akan tergoda untuk membelanjakan uang gaji alih-alih tidak jadi menabungnya. Padahal menabung sangat penting agar keuangan kamu di masa depan dapat terjamin dengan baik. 

Jika kamu sering merasa gagal menabung gaji, karena lebih tergoda untuk menghabiskannya, tidak perlu panik. Tenang, kamu tidak sendiri.

Ada beberapa tips yang dapat anda coba, berikut ini:

Tentukan Skala Prioritas

Kamu Saat akan menerima gaji, buatlah skala prioritasmu terlebih dahulu. Kebutuhan apa yang harus segera kamu penuhi dan apa saja kebutuhan yang dapat kamu tunda. Dan yang terpenting jadikan menabung sebagian uang gaji adalah kebutuhan.

Beli Kebutuhan Bukan Keinginan

Sering kamu terjebak dengan keinginan bukan kebutuhan. Untuk itu pastikan terlebih dahulu, kamu membedakan apa kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan. Penuhi kebutuhanmu baru kemudian keinginanmu. Dan jangan memaksakan semua keinginanmu harus terpenuhi.

Selalu ingat, gaji yang kamu terima tidak akan dapat memenuhi semua keinginan kamu. Namun, dapat memenuhi kebutuhanmu.

Jauhi Kartu Kredit

Godaan diskon yang diberikan Bank untuk pemakaian kartu kredit sering kali menggoda. Sebaiknya hindari penggunaan pada kartu kredit jika kamu belum sanggup untuk menggunakannya secara bijak. Alih-alih menggunakan kartu kredit sebaiknya gunakan kartu debit untuk pembayaran barang yang kamu butuhkan.

Jangan Lupa Membuat Catatan

Mencatat setiap pengeluaran memang terkesan sepele. Namun, penting untuk menjaga keuanganmu tetap stabil. Selalu catat penerimaan dan pengeluaran kamu, hal ini berfungsi untuk menganalisa pengeluaran apa saja yang sudah kamu buat sehingga barang yang kamu beli memang benar kamu butuhkan.

Demikian 4 hal yang perlu Mitra Pandawa perhatikan agar dapat menabung gaji yang Mitra terima. Semoga dapat bermanfaat ya. ^^

 

Sumber: Vemale. Com

 

 

  • Hits: 613