Pandawa FM ( Tanjungpinang ) - Merokok merupakan candu yang sangat berbahaya baik disegi kesehatan maupun keadaan dompet seorang perokok. Mengingat banyaknya dampak negatif yang akan timbul pada seorang perokok, tidak ada ruginya mungkin kalau kita meninggalkan kebiasaan kita ini.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, rokok juga mengandng setidaknya 4000 zat kimia berbahaya yang tidak sehat dihisisap seperti nikotin, tar, karbon monoksida dan zat lainnya. Ironisnya di Indonesia rokok tidak hanya menjadi candu bagi orang dewasa, tetapi juga merambah pada anak SMP, SMA dan di banyak kasus juga anak SD. Disini kami mempunyai beberapa tips agar setidaknya berkurang untuk merokok tersebut.

Beberapa tips tersebut ialah: 

1. Niat yang kuat

2. Dukungan dari orang – orang terdekat

3. Kunyah manisan, permen jahe atau apapun untuk menggatikan rokok tersebut.

4. Buat target kapan anda harus bisa hidup tanpa adanya rokok

5. Cari suasana yang baru. Berkumpul dengan orang – orang yang tidak perokok. Karena, jika anda berkumpul dengan orang – orang perokok, keinginan anda untuk merokok akan muncul kembali.

6. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh untuk sementara waktu agar melupakan rasa ingin merokok. Gantikan dengan memperbanyak minum air putih.

7. Sibuk beraktifitas. Kesibukkan tersebut akan membantu melupakan dan keinginan untuk merokok.

8. Setelah makan, sibukkan dengan berbagai kegiatan

9. Jangan menyerah. Banyak orang yang separuh jalan untuk menghindari rokok tersebut. Ketika godaan merokok datang, lalu kembali mencobanya 1 batang. Dan akhirnya, kebiasaan merokok kembali ke sediakala dan tidak akan pernah berhenti dari merokok.

Ingat ya, niat yang kuat adalah modal yang paling utama dalam menyukseskan program berhenti merokok ini. dan sekali lagi matikan rokok, sebelum rokok yang mematikanmu.

 

Selamat mencoba, semoga lekas berhasil.

 

Sumber: Wartamedika. Com