Pandawa FM, ( Tanjungpinang ) - Penyakit asam lambung sudah sangat familiar dilingkungan sekitar kita. Penyakit asam lambung adalah kondisi dimana cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Dengan keadaan tersebut, penderita akan mengalami gejala seperti mulut terasa asam dan pahit, mual, air liur berlebih, perut kembung, dan sering bersendawa, nyeri pada ulu hati serta merasakan sensasi seperti terbakar diulu hati, khusus 2 gejala terakhir ini sering dianggap sebagai serangan jantung. 

Penyakit asam lambung terjadi disebabkan karena katub yang berada diujung lambung atau sebagai penyambung antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsinya dengan baik. 

Beberapa cara untuk menetralisir penyakit asam lambung yang berlebih adalah sama dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Diantaranya adalah:

• Hindari makanan yang memicu asam lambung

Makanan yang memicu asam lambung berlebih yaitu makanan yang berlemak. Dan hindari coklat, alkohol, makanan pedas, maupun kopi karena dapat membuat katup kerongkongan menjadi rileks dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

• Makan dengan teratur

Apabila anda sekarang jarang untuk sarapan, bahkan tidak pernah menjalankan sarapan, mulai saat ini buang kebiasaan buruk tersebut. Pastikan anda tidakmeninggalkan waktu sarapan anda. Makan 3 jam sekali. Dan hindari tidur setelah makan, penderita asam lambung tinggi disarankan untuk tidur 2 jam setelah makan.

• Istirahat yang cukup

Apakah Anda tahu bahwa penyakit asam lambung dapat terpicu karena kurangnya waktu tidur? Tubuh akan memproduksi hormon stres akibat kurangnya waktu tidur kita, bahkan dapat menciptakan kondisi komplikasi, mulai dari kondisi yang kronis sampai ke yang mematikan. Usahakan waktu tidur cukup, sebanyak ± 8 jam pada malam hari. Jangan pernah menyepelekan waktu tidur anda, segeralah perbaiki waktu tidur Anda.