Pandawa FM - Di Indonesia, konsumsi mi instan semakin digemari. Tak hanya oleh kalangan masyarakat bawah, tapi juga kalangan masyarakat menengah ke atas. Meski begitu, apakah hal ini membuat Indonesia sebagai negara dengan konsumsi mi instan terbanyak di dunia? World Instant Noodles Association (WINA) telah mencantumkan sepuluh konsumen mi instan terbesar di dunia untuk tahun 2017.

Indonesia menduduki posisi kedua dengan 13,010 miliar porsi, seperti dikutip dari laman Instant Noodles, Kamis (2/11/2017). Sementara itu, posisi pertama masih diduduki oleh China, dengan capaian 38,520 miliar porsi. Di posisi ketiga, Jepang berhasil mengumpulkan 5,660 miliar porsi. Disusul oleh Vietnam dan India di posisi berikutnya. Di Indonesia, cara konsumsi mi instan terbilang sudah banyak mengalami perubahan. Jika dulu konsumsi mi instan sering kali hanya menggunakan nasi atau telur, kini mi instant dimasak dengan banyak pilihan toping, seperti sayuran, daging, dan berbagai jenis sambal.

Selain Indonesia, Korea juga terkenal dengan konsumsi mi instan yang cukup tinggi. Meski begitu, hal ini belum mampu membuat negara yang terkenal dengan kisah dramanya ini menjadi negara dengan konsumsi mi instan terbanyak di dunia. Menurut WINA, Korea menduduki posisi ketujuh dengan konsumsi mi instan sebanyak 3,830 miliar pada 2017. Meski begitu, konsumsi mi instan di Korea terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sementara itu, menurut laman Japan Times, sebagai negara dengan konsumsi mi instan terbanyak, China memiliki program untuk menekan konsumsi mi instan di negara tersebut. Hal ini dilakukan karena mi instan telah menimbulkan sejumlah masalah buruk bagi kesehatan. Misalnya insiden keracunan makanan pada 2012 serta dugaan kontaminasi plasticizer pada mi instan.

Sumber : Liputan6

PANDAWA FM

TERFAVORIT


TERBAIK DI TANJUNGPINANG