Pandawa FM, (Tanjungpinang)-- Sinar matahari punya dua sinar UV A dan UV B yang ternyata dapat meradiasi kulit dan menyebabkan luka bakar hingga kanker kulit. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Jangan kaget kalau sunscreen atau sunblock disebutkan bersamaan. Bila selama ini Anda mengira dua produk ini adalah produk yang sama, ternyata produk ini berbeda lho. Dilansir Examiner.com, inilah perbedaan antara sunscreen dan sunblock.

Apa itu sunscreen?

Apabila Anda sering memakai produk berbentuk lotion atau cream dengan kandungan SPF di dalamnya, maka ini adalah sunscreen alias tabir surya. Sunscreen berfungsi untuk membantu kulit agar tidak terbakar sinar matahari dan mencegah radiasi sinar UV A dan UV B. Kandungan kimia sunscreen umumnya seperti PABA, terkadang menyebabkan iritasi atau alergi, terutama pada kulit sensitif seperti kulit anak-anak. Saat berkegiatan di luar ruangan, disarankan agar mengenakan produk dengan level SPF minimal 30 sehingga kulit terus terlindungi. Apabila SPFnya semakin tinggi, maka semakin baik pula, karena dapat melindungi kulit lebih lama.

Apa itu sunblock?

Sunblock sendiri jarang dipakai di Indonesia. Sunblock adalah produk yang umumnya mengandung titanium oxide dan zinc oxide. Dibuat untuk mencegah sinar matahari masuk pada kulit. Sunblock secara efektif juga melindungi kulit dari UV A dan UV B. Di manakah letak perbedaan utama sunscreen dan sunblock?

1. Pada tekstur produknya Produk sunscreen umumnya lotion atau krim, namun masih memungkinkan sinar matahari menyentuh kulit dan membuat kulit terbakar. Sedangkan produk sunblock benar-benar menutup secara penuh, tidak mengijinkan sinar matahari menyentuh sekalipun. Warnanya jauh lebih pekat dan terkadang mirip seperti lumpur pekat.

2. Ketika menggunakan sunscreen, masih memungkinkan bagi kulit untuk terbakar dan terkena radiasi sinar UV A dan UV B. Sedangkan saat mengenakan sunblock, kulit akan benar-benar tertutup dan terlindungi.

Mana yang lebih baik untuk kulit?

Keduanya memiliki tujuan yang sama, melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Namun, bila kegiatan Anda benar-benar kegiatan yang mengharuskan berlama-lama di bawah sinar matahari maka pilihlah sunblock untuk mencegah luka bakar dan iritasi ringan. Namun, untuk kegiatan sehari-hari, cukup pilih sunscreen yang bisa diaplikasi ulang dan formulanya cukup ringan, tidak mengganggu penampilan.

 

sumber:Vemale.com