Gubernur, "Mari Bersama Berantas Pungli"

Ditulis oleh Nora
Kategori: Berita Dibuat: Kamis, 03 November 2016 16:56

Pandawa FM (Tanjungpinang),- Gubernur H Nurdin Basirun menghimbau kepada seluruh elemen pemerintahan di daerah agar bersama bahu membahu ikut membantu memberantas Pungli yang ada di Kepulauan Riau. "Dengan memberantas pungli maka pelayanan untuk masyarakat dapat berjalan lebih baik dan cepat," kata Nurdin saat membuka Rapat Koordinasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar di Provinsi Kepri Tahun 2016, di Rupatama Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (3/11).

 

Pungutan liar, kata Gubernur, saat ini menjadi topik hangat yang meresahkan bagi masyarakat. Dirinya bersama seluruh Gubernur sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah di istana. "Penekanan Presiden bahwa pungli itu menghambat pertumbuhan Ekonomi serta mengganggu aktifitas masyarakat dibidang pelayanan," lanjut Nurdin. Gubernur juga berharap masukan dan ide dari FKPD dan SKPD yang memang diikutsertakan dalam pembentukan tim satgas agar fungsi dan keguanaan dari satgas bisa lebih bagus dan kuat lagi.

Senada dengan Gubernur, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah mengatakan bahwa pembentukan Satgas Saber Pungli perlu digesa agar dapat segera bekerja nyata memberantas pungli yang ada di Kepri. "Kita tahu bahwa arahan dari Presiden baik kepada Gubernur dan Polda juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah untuk segera membentuk Satgas, kita juga sudah sepakat agar segera seluruh SKPD, FKPD agar memberikan nama-nama yang bisa bergabung bersama kita dalam Satgas ini," kata Arif.

Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar sendiri sudah memiliki landasan hukum yang jelas, yakni Perpres Nomor: 87 Tahun 2016, Surat Edaran Menpan Nomor: 5 Tahun 2016 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor: 180/3936/SJ tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Adapun tugasnya adalah Melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana prasarana baik dari tingkat Provinsi maupun sampai Kab/Kota.

Irwasda Polda Kepri sekaligus Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli, Komisaris Besar Polisi Drs. Samuel Balelang mengatakan bahwa dari pihak Polda sudah menyiapkan struktur organisasi nya tinggal ditindaklanjuti untuk segera disahkan. "Satgas ini mengedepankan pencegahan, jangan sampai terjadi pungutan liar tersebut. Struktur sudah kami bentuk dan tinggal mengisi personel nya , kami harap agar penyusunan dan pengesahan tim satgas dapat selesai dalam bulan ini juga," harap Samuel.

Sumber : Humas Kepri