Pawai Budaya dan Parade Mobil Hias di Event Festival Bahari Kepri 2016

Ditulis oleh Nora
Kategori: Berita Dibuat: Jumat, 28 Oktober 2016 08:19

Pandawa FM (Tanjungpinang),- Kamis (27/10) pagi, ruas jalan Tepi Laut Tanjungpinang dipenuhi ribuan masyarakat. Mereka memenuhi jalan protokol mulai dari Kota Lama hingga pelataran Melayu Square Tepi Laut. Masyarakat terlihat sudah menunggu sejak pagi di pinggir jalan untuk menyaksikan Pawai Budaya dan Parade mobil Hias yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

 

 vTampak Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Ketua TP PKK, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, jajaran FKPD, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP, Ersa Famella, serta AAU Yongyakarta, berdiri diatas panggung untuk menyambut para peserta pawai. Barisan pawai budaya diawali dengan penampilan drumband SMAN 1 Tanjungpinang, disusul barisan group kompang Masjid Ulil Amril Kantor Walikota Tanjungpinang, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kecamatan, Kelurahan, Sekolah, serta RT/RW. Berbagai kostum cantik dan menarik yang dikenakan oleh para peserta, ada yang memakai baju kurung melayu, pakaian adat, serta kostum unik dilengkapi dengan atribut yang memberi keindahan dari penampilan mereka.

Sesekali peserta menampilkan beberapa atraksi menarik, seperti silat, barongsai, reog, kuda lumping, pertunjukkan permainan tradisional, dan lainnya. Bukan itu saja, gelaran parade mobil hias tersebut masuk dalam rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) kategori pawai mobil hias terpanjang di Indonesia dengan jumlah kendaraan sebanyak 66 kendaraan hias. Peserta mobil hias dimeriahkan dari utusan SKPD, Kecamatan, Kelurahan, PLN, FKPD, utusan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Bappeda Provinsi Kepri, serta Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepri.

Sedangkan parade kapal hias juga mendapat rekor Muri, dengan kategori peserta terbanyak yang diikuti 88 peserta dari utusan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepri. Rekor muri akan di serahkan pada acara puncak Festival Bahari Kepri di Gedung Gongong, dan akan diserahkan oleh Senior Manager Muri, Awan Rahardjo didampingi Marketing Manager Muri, Andre Purwandono kepada Walikota, H. Lis Darmansyah, SH. Sementara untuk rekor muri kategori kapal hias terbanyak akan diserahkan kepada Gubernur Provinsi Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S. Sos, M. Si. Tak kalah heboh dan serunya, acara itu dimeriahkan oleh drumband Akademik Angkatan Udara (AAU), paramotor TNI AU, serta Fly pass pesawat tempur TNI AU.

Penampilan mereka membuat warga berdecak kagum, penonton pun tak henti-hentinya bersorak dan memberi tepukan gemuruh atas atraksi mereka. Meski hari semakin siang, masyarakat tak mau beranjak dari sisi jalan, mereka tetap menyaksikan pawai dan parade mobil hias itu hingga selesai. Pawai Budaya dan Parade Mobil Hias itu turut dihadiri Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dr. H. Nurdin Basirun, S. Sos, M. Si, Anggota Dewan Provinsi Kepri, serta ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang.

Sumber : Humas Pemko