Gurindam XII dan Kuliner 10 Kampung Wujud Pertahankan Khazanah Budaya Melayu Tanjungpinang

Ditulis oleh Nora
Kategori: Berita Dibuat: Kamis, 27 Oktober 2016 09:33

Pandawa FM (Tanjungpinang),- Gurindam XII adalah syair melayu yang menjadi warisan bagi masyarakat melayu di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Gurindam XII gubahan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, mengandung nasehat dan hingga saat ini masih sangat digemari oleh masyarakat Kota Tanjungpinang. Sebagai wujud pertahankan khazanah melayu itu, Selasa (25/10) sore, tengah berlangsung Festival Lomba Gurindam XII dan Lomba Kuliner 10 kampung.

 

Festival tersebut, secara resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, di Melayu Square Tepi Laut Tanjungpinang. Festival Lomba Gurindam XII dan Lomba Kuliner 10 Kampung yang dihelat oleh Batampos Grub itu, diikuti sebanyak 25 sekolah untuk Gurindam XII, sedangkan Lomba Kuliner diikuti 10 kampung. Dalam sambutanya, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan bahwa event ini merupakan upaya untuk mempertahankan khasanah Budaya Melayu yang harus senantiasa terus kita pertahankan dan dijaga secara terus menerus.

" Ini adalah warisan yang harus kita pertahankan di tanah Melayu ini ", Ujar Lis Menurut Lis, selain Gurindam IX, melayu kaya akan kekayaan kulinernya, untuk itu kami berkomitmen event ini menjadi kegiatan rutin yang akan masuk dalam kalender wisata yang ada di kota Tanjungpinang,"Kekayaan ini harus kita pertahankan".Kata Walikota Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menjelaskan bahwa ini adalah sebuah maha karya yang mutlak harus kita lestarikan, karena itu, festival bahari kepri memilih festival gurindam dan festival kuliner melayu itu sebagai rangkaiannya, dan ini sebuah keharusan, agar kita tidak menjadi orang orang yang berdosa akan sejarah.

" Gurindam IX, kuliner melayu serta pantun lahir dari kota Tanjungpinang, maka akan kita kumandangkan di kota Gurindam Negeri Pantun ", ujar Guntur. Meski hujan deras, para pesrta tetap antusias mempersiapkan berbagai kuliner andalan kampungnya. Sementara para pelajar tetap bersemangat menampilkan syair gurindam terbaik di atas panggung. Acara turut dihadir, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram, Camat, Lurah, serta warga yang tak mau ketinggalan menyaksikan event tersebut.

Sumber : Humas Pemko