Pandawa FM (Tanjungpinang),- SMK Negeri 2 Tanjungpinang menggandeng Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) dan Taiwan Education Centermenggelar Pameran Pendidikan Taiwan 2017, di Aula Asrama Haji, Jalan Pemuda Tanjungpinang, Rabu (29/3). Pameran secara resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, ditandai dengan pemukulan gong. Sebanyak 10 Universitas ternama di Taiwan mengikuti pameran pendidikan di Tanjungpinang. Pameran ini memberi kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia, khususnya Tanjungpinang Kepulauan Riau mengecam kuliah diluar Negeri terutama Taiwan dengan biaya murah.

 

Walikota Lis Darmansyah, mengatakan Taiwan merupakan salah satu negara yang maju dalam perekonomian, teknologi, dan pendidikan. Dalam bidang pendidikan saja, Taiwan sebagai salah satu dari 3 negara, dengan biaya pendidikan yang masih terjangkau (murah) selain Jerman dan Spanyol. Sementara itu, Taiwan termasuk dalam salah satu negara dengan pendidikan terbaik selain Korea Selatan, Singapore dan Jepang. " Kualitas dan kuantitas pendidikan di Taiwan sangat luar biasa, karena itu Universitas di Taiwan bisa menjadi acuan atau tujuan bagi pelajar dan mahasiswa Tanjungpinang untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, tentu ini sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya masnusia di Indonesia, terutama Tanjungpinang " ucapnya Sebagaimana kita ketahui, Taiwan merupakan negara produsen perangkat teknologi terbesar, hampir 90 persen perangkat laptop diproduksi oleh Taiwan. Meski negara Taiwan tidaklah besar, tetapi Taiwan bisa maju dengan pesat dalam mengembangkan teknologi. Untuk itulah, Lis imbau kepada Kepala Sekolah yang hadir agar mensosialisasikan sekaligus memberi motivasi dan pandangan kepada siswa-siswinya agar berani melanjutkan pendidikan ke negara yang pendidikannya maju. Kepada anak-anak bapak yang hadir disini, kalian harus bisa memberikan informasi kembali kepada teman-teman mengenai kesempatan melanjutkan pendidikan ke Taiwan ini.

" Tangkap peluang ini dengan sebaik-baiknya, kesempatan ini belum tentu datang lagi. Carilah informasi dengan lengkap disini. Bapak berharap, setelah lulus nanti, kalian harus berani tangkap peluang mendapatkan beasiswa ke Taiwan. Pemerintah Taiwan sendiri, sudah banyak memberikan beasiswa kepada pelajar Indonesia yang punya kemampuan, karena itu, jangan lewatkan kesempatan tersebut ".Lis memberi semangat. Lis mengisahkan perjalanan pendidikannya sewaktu di Inggris silam, diakuinya kuliah disana hanya bermodal nekad dan tekad yang kuat, karena itu ia kuliah sambil bekerja, di luar negeri ada musim-musim kita libur, nah.. saat libur itulah kita bisa mencari pekerjaan. Kebanyakan Mahasiswa yang kuliah diluar negeri memanfaatkan waktu itu, hal ini mereka lakukan untuk mengurangi beban orang tua.

Lis mengulang kembali, jangan lewatkan kesempatan untuk mengecam pendidikan terbaik di Taiwan." Tutupnya Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Tanjungpinang, Delisbeth menjelaskan gelaran pameran ini kita laksanakan dengan menggandeng ICATI dan Taiwan Education Center. Ada 10 Universitas Taiwan yang ikut dalam pameran ini diantaranya, I Shou Universiti, Hung Kuang University, National Taiwan University, Taiwan Shou Fu University, Hsing Wu University, National University Of Kao Hsing, Tun Hai University, Shu Te University, Yun Tech Technology University, dan Da Yeh University. " University ini memberi kesempatan bagi pelajar dan masiswa untuk melanjutkan pendidikan S1, S2, S3 ke Taiwan. Sepuluh university tersebut menawarkan beasiswa kepada pengunjung. Untuk informasi persyaratan bisa ditanyakan langsung ke masing-masing stand university", tukasnya Wakil Direktur ICATI, Jhoni mengatakan Siswa siswi dari Indonesia ke Taiwan terus bertambah setiap tahunnya. Mereka bisa menyelesaikan pendidikannya dalam batas waktu singkat dan berprestasi. Biaya hidup dan pendidikan di Taiwan sangat terjangkau.

Bagi pelajar Indonesia yang berprestasi bisa mendapatkan beasiswa dari Taiwan. Saat ini setidaknya ada lebih dari 5000 mahasiswa Indonesia yang belajar di Taiwan. Mereka tersebar di beberapa bidang studi yang menjadi keunggulan dari sistem pendidikan di Taiwan. Ia berharap, pameran ini bisa menarik minat pelajar Indonesia, khususnya Tanjungpinang agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Taiwan, selain itu, pameran ini memberi informasi tentang tata cara mendaftar dan peluang mendapatkan beasiswa di Taiwan." Pungkasnya Seusai membuka acara, Lis didampingi Istri berkeliling untuk meninjau stand-stand universitas yang ada di Taiwan, Lis terlihat mendengarkan penjelasan dari pertugas univeritas megenai program studi yang ada di universitas mereka. Turut hadir dalam acara itu, Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, Ketua TP-PKK Yuniarni Pustoko Weni, SH, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. HZ. Dadang, AG, Kepala Bidang Pembinaan SMK/SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Drs. M. Dali, Pimpinan Taiwan Education Center Jakarta, Mr. Shue Weiling, Kepala Sekolah, serta pelajar.

Sumber : Humas Pemko

PANDAWA FM

TERFAVORIT


TERBAIK DI TANJUNGPINANG