Pandawa FM (Bintan) - Event yang digelar sejak 2016 lalu ini menjadi ajang promosi wisata Kepri ke berbagai turis yang datang dari berbagai belahan dunia ke Bintan. Kegiatan yang terbagi dalam 3 kategori ini akan memperlombakan lari sejauh 10 kilometer profesional, 2,5 kilometer lari sarong dan 1,2 kilometer untuk lari orangtua dan anak. Tidak hanya sekedar berlari dan meraih kemenangan di garis akhir, peserta juga akan menikmati hijaunya hutan dan taman di sekitar danau, kemudian juga sinar rembulan akan menerangi peserta sepanjang jalur lomba.

Abdul Wahab, General Group Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) mengatakan, event yang dilaksanakan kali kedua di Lagoi ini merupakan kegiatan yang unik dari event lainnya. Selain waktu berlari di malam hari, peserta lokal dan asing juga menyatu dalam kompetisi sekali setahun tersebut. ”Ada 1.000-an peserta yang ikut, separuhnya adalah orang lokal dan separuhnya lagi merupakan pelari mancanegara serta wisatawan yang sengaja datang ke Bintan untuk mengikuti event ini,” katanya, Jumat (3/11). Ia menambahkan, untuk peserta lokal tidak hanya berasal dari Bintan saja, tetapi Tanjungpinang, Batam, Pekanbaru dan Jakarta ada yang ikut dalam event ini. ”Kami terus menargetkan sebanyak-banyaknya peserta, karena ini tidak sekedar pertandingan, tetapi ada hiburan yang diselipkan dalam event ini, sehingga peserta akan merasa terhibur,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan Luki Zairman Prawira mengatakan pihaknya sangat mendukung event ini, karena cukup meningkatkan terhadap kenaikan jumlah wisatawan ke Lagoi dan Bintan. ”Mereka (peserta) banyak juga yang menjadikan Bintan Moon Run sebagai rangkaian berlibur ke Bintan. Artinya ada event yang diburu wisatawan. Ini jelas merupakan daya tarik tersendiri,” jelasnya. Ia mengatakan, event-event sport tourism seperti Bintan Moon Run yang digelar di kawasan Lagoi memang pendongkrak kunjungan wisman ke Bintan, seperti event Bintan Triathlon, Tour De Bintan, Iron Man 70.3 Bintan dan masih banyak lagi.

”Event-event sport tourism memang rutin kita gelar sepanjang tahun, tujuannya selain mempromosikan Bintan kepada dunia international juga untuk mendorong kunjungan wisman ke Indonesia melalui pintu masuk di Bintan,” tukasnya. Saat BMN 2016 lalu, Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara, mengatakan, penyelenggaraan olahraga berskala besar di suatu wilayah sangat potensial untuk mempromosikan pariwisata suatu daerah. Bintan Moon Run misalnya, sangat potensial menjaring wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang ke kawasan Bintan. Banyaknya event sport tourism internasional yang diselenggarakan di Bintan menjadikan posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

Sumber : Tanjungpinang Pos

PANDAWA FM

TERFAVORIT


TERBAIK DI TANJUNGPINANG