Pandawa FM (Tanjungpinang) - Hotel berbentuk gedung mungkin udah biasa. Tapi, gimana jadinya kalau ada hotel berbentuk kapal pesiar? Well, hotel dengan bentuk unik ini ternyata ada di Indonesia, Penginapan bernama Hotel Kapal Doulos Phos ini bisa di temuin di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Lokasi persis kapal ini ada di Terminal Ferry Bandar Bentan Telani, Kawasan Wisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

Nah, hotel ini ternyata benar-benar dibuat dari kapal pesiar besar tua bernama MV Doulos Phos. Bukan sembarang kapal, MV Doulos Phos merupakan salah satu kapal legendaris di dunia. Kapal dengan usia lebih dari seratus tahun ini dibuat dua tahun setelah kapal Titanic dibuat, tepatnya pada tahun 1914. Kapal bersejarah ini udah pernah keliling dunia, lho! Awalnya, kapal ini bernama SS Medina dan dijadiin kapal patroli oleh Amerika Serikat.

Kemudian, tahun 1948, kapal ini dijual ke Italia dan berganti nama menjadi SS Roma. Tahun 1953, nama kapal ini diganti lagi menjadi MS Franca C. Sampai akhirnya, kapal ini resmi memiliki nama MV Doulos Phos pada tahun 1977. Menariknya, kapal ini sempat menjadi saksi Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Bukan cuma itu, MV Doulos Phos juga berkunjung ke Semarang dan Tanjungpriok pada tahun 1988. Nggak heran, MV Doulos Phos berhasil tercatat dalam Guiness World Records sebagai kapal penumpang tertua di dunia yang masih aktif. MV Doulos Phos tercatat terakhir berlayar pada tahun 2009.

Lalu, kapal ini dibeli oleh pengusaha Singapura bernama Eric Saw pada tahun 2010. Kapal ini pun direncanain untuk diubah fungsinya menjadi sebuah hotel berkapasitas seratus kamar. Asiknya, hotel ini bakal dilengkapin fasilitas seperti restoran, kolam renang besar, spa, sampai museum. Nah, walaupun hotel ini belum resmi dibuka, tetap bisa datang ke sini, bisa nikmatin sunset ditemani pemandangan kapal legendaris di Bandar Bentan Telani Ferry Terminal. Nah, kalau hotel pesiar ini udah dibuka, minat nginep di sini nggak.

Sumber : Berbagai sumber

PANDAWA FM

TERFAVORIT


TERBAIK DI TANJUNGPINANG