Pandawa FM (Tanjungpinang) - Bila kendaraan tak mau ditilang oleh pihak kepolisian, pengendara roda dua maupun roda empat harus melengkapi perlengkapan kendaraan sesuai peruntukanya. Sebab, pihak kepolisian akan menggelar razia selama 14 hari. Menurut Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Ramdhani Yowa pihak kepolisiaan akan menggelar operasi zebra atau razia kendaraan serentak dilaksanakan seluruh Indonesia.

Razia mulai, Rabu (1/11) sampai 14 November 2017 mendatang. ”Selama dua minggu jajaran Polri secara serentak akan melaksanakan Operasi Zebra 2017,” katanya Senin (30/10). Razia kendaraan secara serentak bertujuan dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran lalulintas, mengurangi angka kecelakaan dan untuk meningkatkaan keselamatan masyarakat. Krisna menyebutkan, bagi masyarakat Tanjungpinang yang menggunakan kendaraan bermotor roda 2 atau roda 4 agar melengkapi perlengkapan kendaraan sesuai peruntukanya.

Diantaranya, kaca spion sepeda motor wajib dua, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nopol sesuai cetakan Polri. Melengkapi surat-surat seperti SIM dan STNK. Kemudian gunakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI). ”Menghidupkan lampu utama baik siang maupun malam hari untuk sepeda motor,” sebutnya. Kasat Lantas menjelaskan, sedangkan untuk kendaraan roda empat menggunakan, safety belt atau sabuk keselamatan dan melengkapi SIM dan STNK. Untuk itu Krisna mengimbau kepada masyarakat atau pengguna jalan yang menggunakan motor atau mobil agar bisa diperhatikan kelengkapan mobil atau motor. ”Jika dalam operasi itu ada pengendara yang tidak memiliki kelengkapan kendaraan maka petugas langsung akan melakukan tilang dan sesuai dengan prosedur,” ujarnya.

Sumber : Tanjungpinangpos

PANDAWA FM

TERFAVORIT


TERBAIK DI TANJUNGPINANG